• Fathur dan Taqy Malik

IntipSeleb – Atiatul Muqtadir merupakan ketua BEM UGM yang menjadi idola baru bagi anak muda khususnya kaum hawa. Bagaimana tidak, tutur kata dan semangat bergeloranya menolak RUU RKUHP begitu berani dan lantang. Bahkan, namanya pernah menjadi trending topic di Twitter selama tiga hari berturut-turut saat itu.

Kini, cowok asal Palembang tersebut merambah ke dunia YouTube untuk membuat konten tentang berbagai isu. YouTube channel bernama Muhammad Atiatul Muqtadir terlihat aktif mengunggah video terbaru dengan total 17 ribu subscribers. Sementara YouTube channel Muhammad Muqtadir yang memiliki 228 ribu subscribers terakhir mengunggah video dua bulan lalu.

Baca juga: Atiatul Muqtadir Ketua BEM UGM kini Jadi YouTuber

Yang terbaru, cowok yang akrab disapa Fathur ini juga menjadi narasumber di video YouTube Taqy Malik. Sejak diunggah 6 Oktober 2019, video tersebut berhasil diputar sebanyak 500 ribu kali.

Fathur terbebani

Video yang berjudul Ngobrol Panas Sampai Ngaji Bareng Presiden BEM UGM Yang Viral!!! itu diambil saat Taqy dan Fathur sedang melakukan perjalanan di mobil. Diungkapkan Fathur bahwa ia merasa terbebani karena tersorot media akibat politik.

Menurutnya, jika seseorang terkenal lewat perisitwa politik akan memiliki tekanan tersendiri. Pasalnya, dalam politik pasti memiliki kawan dan lawan, namun untuk posisi Fathur kali ini terdapat dua situasi.

Pertama, publik yang mendukung secara politik, juga mendukung secara pribadi karena media mengangkat kehidupan personal Fathur. Dan kedua, banyak juga yang tidak setuju secara politik atas pernyataan dan tindakannya saat ini

“Jadi sekarang ini posisinya ada yang memang mendukung secara politik terus ada yang mendukung secara pribadi karena ada diangkat personal-personalnya bisa ini bisa itu. Banyak juga yang kemudian gak setuju secara politik. Karena memang saya diangkat, orang kenalnya itu dari satu peristiwa politik,” ujar Fathur

Remember the idea, not the man

Karena namanya semakin disorot, harapan ketua BEM UGM ini sebenarnya sangat sederhana. Ia hanya ingin orang-orang tidak melihat pribadinya tapi mengingat apa yang ia katakan dan bicarakan. 

“Memang ramai, awal trending juga langsung dianggap penumpang gelap. Saya sudah sampaikan ya saya sudah berjuang makanya saya pin di Twitter Remember the idea, not the man.. Jadi memang menurut saya yang diliat kata-katanya aja, substansinya aja kalau sayanya mah gak usah. Harapannya itu sih,” ujar Fathur

Awkarin mundur

Beberapa hari setelah peristiwa demo, nama Fathur terdaftar lagi dalam trending atas penyataannya yang anti LGBT. Berbagai respon dilontarkan oleh warganet, termasuk hujatan-hujatan kepada Fathur atas statement-nya. Awkarin, selebgram yang awalnya mengidolakan Fathur juga mundur akibat statement yang dibuat di Instagram.

“Banyak ujian baik ujian karena pujian maupun karena cacian, dari akhwat2-akhwat, ni kalau Awkarin nonton, ada Awkarin lho, (Awkarin ngefans) tapi katanya sudah mundur, (kenapa) liat di twitter ajalah,” kata Fathur diikuti canda tawanya.

Instagram sempat di-hack

Atiatul Muqtadir

Diceritakan Fathur seminggu sebelum aksi berlangsung, ia tidak bisa membuka akun Instagram-nya. Diawali dengan Instagram yang dimasuki oleh orang tak dikenal, Fathur berhasil mengambil alih akun sosial medianya. Kemudian, secara tiba-tiba akunnya ter-logout sendiri, sementara email dan nomer handphone nya sudah diganti oleh orang lain.

“Jadi sejak seminggu sebelum aksi itu saya gak bisa buka Instagram, jadi Instagram saya awalnya dimasukin oleh orang. Saya sempat ambil alih lagi tapi kemudian ke logout dan terus email dan nomer hp di Instagram itu sudah diganti sama orang. Jadi waktu itu media yang benar-benar saya bisa pakai itu cuma Twitter, termasuk sinyal saya. WhatsApp saya alhamdulillah masih bisa diakses tapi sinyal internetnya itu yang enggak bisa jadi lambat gitu harus pakai wifi.”

Di akhir video, Fathur dan Taqy Malik sama-sama ngaji. Ketua BEM UGM itu berharap semakin banyak anak muda yang hapal Alquran.