X
  • Claudia Emnanuela

IntipSeleb – Claudia Emmanuela Santoso adalah remaja asal Cirebon yang saat ini mengikuti kompetisi The Voice Jerman 2019. Sejak video pertamanya mengikuti blind audition di-upload di YouTube pada 13 September 2019, Claudia berhasil memukai tidak hanya juri tapi juga masyarakat dunia.

Saat itu, Claudia menyanyikan lagu The Greatest Showman, Never Be Enough dan berhasil membuat empat juri memberikan standing ovation. Bahkan juri perempuan bernama Alice Merton, yang kini jadi mentornya, terlihat menangis dan begitu emosional melihat penampilan perdana Claudia. 

Baca juga: 6 Fakta Claudia Emmanuela, Remaja Cirebon Hebohkan The Voice Jerman

Masuk Semifinal The Voice Jerman 2019

Dengan kemampuan yang dimilikinya, penyanyi jebolan Mamamia 2014 ini berhasil menembus babak semifinal The Voice Jerman 2019. Video penampilan terbaru Claudia menyanyikan lagu Snow Patrol berjudul Run saat ini bertengger di trending nomor 3 YouTube. Dalam sehari sejak diunggah pada 28 Oktober 2019, video ditonton 1,5 juta kali. Pujian dan standing ovation terus didapatkan dari para juri.

Setiap kali melihat Claudia bernyanyi, Alice mengaku teringat dengan perjuangannya sendiri saat mengawali karier. “Saat saya masih muda, saya juga pindah ke Jerman, ke kota yang sama seperti kamu, Muenchen. Kita sama-sama suka bernyanyi. Setiap melihat kamu bernyanyi, terjadi sesuatu pada diri saja,” ungkapnya.

Menangkan Singing Battle

Sebelumnya Claudia melalui tahap Singing Battle melawan dua kontestan lainnya bernama Emma dan Felix. Ketiganya menyanyikan lagu Say Something, dari A Great Big World. Video tersebut diupload pada 24 Oktober 2019.

Komentar fans

Claudia Emmanuela

Ribuan komentar dalam video terbaru Claudia tidak hanya berasal dari fans Indonesia tetap juga Jerman. Tidak sedikit yang merasa optimis kalau Claudia yang akan keluar sebagai pemenang. Salah satu faktornya dianggap karena Claudia berhasil mengangkat pamor The Voice Jerman 2019.

Video blind audition Claudia saat ini mencapai 20 juta penonton, yang paling banyak dibanding video di kanal The Voice of Germany. 

“Claudia mengangkat pamor the voice of Germany, penyanyi yang biasa trendng di suatu negara, menambah subscribers 250 ribu hanya sebulan. Bandingkan dengan 8 tahun hanya 1,1 juta dan view 20 juta dalam sebulan untuk sebuah lagu dalam audisi, yang lain tertinggi hanya 3 jutaan. Jadi ini simbiosis mutualisme antara Claudia dan TVOG,” kata salah satu komentar.

Di antara semua komentar, terlihat juga komentar dari kanal YouTube Baim Wong dan Paula, “Wow trending 3!!! We Love U Audi!!! Indonesia Love u!” 

Diketahui, Baim Wong sangat ingin bertemu dengan penyanyi yang akrab disapa Audi tersebut.