X
  • Nikita Mirzani, Agnez Mo, Anggun C. Sasmi

IntipSeleb – Agnez Mo tengah menjadi cibiran di kalangan warganet soal wawancaranya dengan Build Series by Yahoo belum lama ini. Lewat video berjudul Indonesian Pop Artist Agnez Mo Talks New Music, Including Her Single, "Diamonds" itu Agnez bicara soal banyak hal. Mulai dari perjalanan musik, latar belakang, dan yang paling menghebohkan publik soal pengakuan dirinya tak punya darah Indonesia.

Satu kalimat yang diucapkan Agnez soal keturunannya itu menuai pro dan kontra di kalangan netizen. Tak hanya netizen, beberapa public figure juga ikut berkomentar soal berita yang sedang hangat dibicarakan itu. Walaupun sudah memberikan klarifikasi lewat Instagram berkali-kali, Agnez masih dikritik oleh sebagian orang. Siapa saja public figure yang angkat bicara soal pengakuan Agnez tak punya darah Indonesia itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: 4 Pengakuan Agnez Mo, Tidak Berdarah Indonesia hingga Merasa Berbeda

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani adalah salah satu artis yang mengaku kecewa dengan pernyataan yang dicetuskan Agnez tersebut. Dengan mengunggah cuplikan video berisi pelantun Diamond itu mengatakan tak punya darah Indonesia, perempuan yang kerap dipanggil Nyai itu memberi keterangan tanda hati retak. Ini membuat penggemar Agnez menyerbu Nikita dalam kolom komentar. Ia bahkan mengunggah video klarifikasi maksud dari unggahan hati retaknya tersebut.

“Ada perbedaan antara punya darah Jepang, China, Jerman dan gadis blasteran Jerman, China, Jepang dan hanya lahir di Indonesia. Ada teman Saya, Ayahnya Jepang-Belanda, sampai meninggal pun bukan warga indonesia, ibu nya Warga negara Iran yg lahir di Indonesia, dia cuma tinggal di indonesia selama 7 tahun SAJA. Masih loh bilang “I’m indonesian” kalau di tanya dari mana asalnya,” tulis Nikita Mirzani.

Anggun C. ​Sasmi

Anggun agnez mo

Sama-sama berkarier di luar negeri, Anggun C. Sasmi juga pernah mengalami hal serupa. Bedanya, pelantun lagu What We Remember itu dibilang jangan mengaku orang Indonesia, sebab dirinya adalah orang Perancis. Melihat hebohnya berita soal pengakuan Agnez, Anggun memberikan sindiran menohok untuk netizen. Lewat akun Twitter yang ditulis pada Rabu, 27 November 2019, Anggun memberikan pendapatnya soal Agnez Mo.

Saya dibilang: jangan ngaku-ngaku orang Indonesia elo itu orang Prancis! Dia dibilang: Malu sama Negara ya sampai bilang enggak punya darah Indonesia sama sekali! Jadi yang penting apa dong, darah Indonesia atau paspor Indonesia?!

Baca Juga: Terkait Agnez Mo, Anggun C Sasmi Beri Komentar Menohok

Dian Sastro

Dian Sastro dan Agnez Mo

Seperti diketahui, Dian Sastro adalah salah satu artis yang sering memberikan pendapatnya soal keadaan Tanah Air. Kali ini, dirinya memberikan tulisan soal teori terkait rasa bangga terhadap Indonesia. Menurutnya, rasa bangga akan bangsa semakin bertambah seiring dengan pengetahuan tentang budaya dan sejarah bangsa tersebut. 

“Gue punya teori: bahwa rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia itu berbanding lurus dengan luas nya wawasan dan pengetahuan kita terhadap sejarah dan kebudayaan bangsa kita,” ungkap pemain Ada Apa dengan Cinta? ini.

Baca Juga: Dian Sastro Suarakan Cinta Indonesia, Nyindir Agnez Mo?

Anji Manji

Agnez Mo - Anji

Melihat banyak netizen yang mengambil keputusan sendiri soal pengakuan Agnez tersebut, Anji sengaja membeberkan curahan hati wanita 33 tahun itu. Agnez mengaku sedih karena publik masih salah faham dengan pernyataan yang dilontarkan dirinya.

Kalo aku ga bangga jd orang Indonesia, ngapain ak bawa2 terus dan selalu bring Indo traditional culture?? Sedih aja. Hehe.. padahal aku ngomong soal darahku. Ancestor. Tapi, justru maksudnya bahwa walaupun aku minority (dan berbeda), tapi justru Indonesia mengajarkan culture INCLUSIVITY. Bhinneka tunggal ika. Lol. Tapi malah disalahartikan," kata Agnez Mo.

Baca Juga: Isi Curhat Agnez Mo ke Anji Soal Darah Indonesia, Sedih banget

Daniel Mananta

Daniel Mananta

Walaupun sudah menjadi mantan kekasih, Daniel Mananta masih dekat dengan penyanyi Go International ini. Lewat kolom komentar unggahan klarifikasi, pria yang dikenal dengan VJ Daniel itu memerikan kata-kata untuk menyemangati Agnez.

Inklusivitas budaya !!! Itulah Indonesia sebenarnya! ❤️ Keren banget Indonesia dibicarakan terus di Budaya Pop di Amrik sama Agnez! Tidak banyak orang yang bisa melakukannya!” tulis @vjdaniel.

Boy William

Boy William

Sama seperti Daniel, Boy William juga memberikan semangat kepada Agnez lewat kolom komentar. Tak banyak yang diungkapan oleh pria 28 tahun itu. 

Semangat! Kami mengerti kok..

Edho Zell

Edho Zell

Tak hanya dikalangan para artis, YouTuber Edho Zell juga memberikan kata penuh hari dalam kolom komentar Agnez. Tak tanggung-tanggung, komentar Edho ini telah mendapat likes lebih dari 600 pasang mata di Instagram.

Kami tahu kamu @agnezmo ! Dan kami selalu bangga sama kamu! Kami tahu segimana kamu cinta sama Indonesia. Ngga usah jawab pernyataan bodoh dari orang bodoh, Pro 26:4! Kamu bisa girl!”

Erich Al Amin

Erich

Menjadi penyanyi berbakat, Agnez dikenal oleh semua kalangan termasuk perancang busana ternama Erich Al Amin. Lewat komentar unggahan terakhir Agnez, Erich memberikan dukungan penuh kepada pemilik nama lengkap Agnes Monica Muljoto itu. 

“Terima kasih telah menjadi teladan yang luar biasa dan karena memiliki hati yang besar. Siapa pun yang membaca ini tahu betapa beruntungnya kami punya kamu di industri ini. Jangan pernah berhenti menjadi individu yang spektakuler seperti sekarang ini,” kata Erich Al Amin.