X
  • Agnez Mo

IntipSeleb – Agnez Mo tengah menjadi perbincangan publik soal pengakuannya tidak punya darah Indonesia saat menjadi narasumber dalam acara Build Series by Yahoo belum lama ini. Lewat video berjudul Indonesian Pop Artist Agnez Mo Talks New Music, Including Her Single, "Diamonds" itu Agnez bicara soal banyak hal. Mulai dari perjalanan musik, latar belakang, dan yang paling menghebohkan publik soal pengakuan dirinya tak punya darah Indonesia.

Pengakuan tersebut menuai banyak pro dan kontra di semua kalangan. Tak hanya netizen, beberapa public figure ternama pun ikut memberikan komentar soal kasus Agnez. Bahkan, Anggun C. Sasmi yang sama-sama berkarier di kancah Internasional pun memberikan komentar menohok untuk netizen. 

Baca Juga: 8 Artis Tanggapi Kontroversi Agnez Mo, Anggun C Sasmi Bingung

Walaupun sudah memberikan klarifikasi lewat media sosial, kontroversi Agnez masih hangat dibicarakan. Kini, Agnez Mo blak-blakan tentang darah Indonesia itu ke mantan kekasihnya, Deddy Corbuzier. Diketahui, 2003 silam, pemilik nama lengkap Agnes Monica Muljoto itu pernah dikabarkan berpacaran dengan Deddy, meskipun hingga saat ini keduanya tak mengkonfimasi kabar ini. 

Melalui sambungan video call pada Deddy Corbuzier, Agnez Mo mengungkap tentang darah Indonesia yang menjadi perdebatan hingga garis keturunannya. Video itu pun dipublikasikan Deddy di kanal YouTube-nya. Seperti apa penjelasan Agnez Mo, simak ulasannya berikut.

Agnez Mo orang Indonesia atau bukan?

Lewat video berjudul AGNESZ MO MENJAWAB INDONESIA - EXCLUSIVE❗️KLARIFIKASI itu pelantun lagu Diamond ini menjelaskan latar belakang dirinya. Ia selalu mengakui bahwa dirinya adalah orang Indonesia karena ia terlahir di Tanah Air.

“Kayanya semua orang tahu saya rang Indonesia, bahkan orang di Amerika pun tahu saya orang Indonesia. Makannya kenapa setiap interview yang ditanya kamu orang Indonesia karena mereka tahu saya orang Indonesia dan bukan saya ga pernah menutupi itu tapi saya selalu memilih untuk ngasih tahu mereka bahwa saya orang Indonesia,” kata Agnes.

Awal bicara soal darah Indonesia

Agnez Mo dan Ibunda

Lebih lanjut, Agnez juga menjelaskan bahwa Kevin, pembawa acara itu tahu kalau dirinya adalah orang Indonesia. Makannya kenapa dari menit sekitar empat sampat ke tujuh itu membahas soal Indonesia.

“Sebelum ngomong ke itu, karena banyak yang tiba-tiba menjadi pakar bahasa nih. Pertama, konteksnya adalah Kevin, yang wawancara itu bukan pertama kali wawancara saya, so beliau udah tahu bahwa saya orang Indonesia. Ngga perlu ngasih tau saya orang Indonesia udah gitu kenapa pada akhirnya dari menit ke 4 sampe ke 7 kenapa kita ngomongin Indonesia. (karena mau tau soal Indonesia),” lanjut Agnez.

Agnez selalu ngomongin Indonesia

Agnez Mo

Yang menjadi kontroversi soal darah keturunan Agnez itu juga dijelaskan dirinya dalam video Deddy. Menurutnya, Indonesian bloods adalah percakapan sehari-hari yang ada di Amerika mengartikan bahwa itu garis keturunan secara biologis bukan darah seutuhnya.

Indonesian bloods itu bukan kaya darah secara literally, tapi itu garis keturunan kita ngomong secara biologis. Tapi sebelum ngomong bedah kata-kata yang menjadi kontroversi ini, menanyakan masalah nasionalis. Kalo gue ngga bangga jadi orang Indonesia, kenapa aku ngomongin Indonesia setiap saat. Iya kan?”

Tidak menggunakan kata-kata kasar bahasa Indonesia

Agnez Mo

Wawancara itu juga mengungkapkan alasan Agnez tidak menggunakan kata-kata mengumpat bahasa Indonesia. Lantaran dirinya tidak ingin mengecewakan bangsanya sendiri.

“Kenapa akhirnya saya bikin transkrip, karena kita mau bedah kata-kata. Jadi menit ke menit 4:51. Kenapa kamu ngga mau mengumpat dalam bahasa Indoenesia? Saya bilang saya tidak mau mengumpat dalam bahasa Indoensia artinya saya menghargai bahasa Indonesia. Kemudian saya bilang lagi, saya mengakui bahwa saya merasa memiliki dan bebannya lebih berat. Ada kata-kata kepemilikan terhadap bahasa Indonesia,” kata Agnez Mo.

“Aku tidak mau mengumpat dalam basa Indonesia karena saya menghargai masyarakat dan saya ngga mau mengecewakan negara saya. Saya ngga bilang their country, your country, that country tapi my country. Kevin bilang lagi ‘setelah saya dengar wawancara sebelumnya bahkan saya ngga tau keberagaman Indoensia’ ini yang saya lakukan dari sebelum-sebelumnya. Kok ada yang bilang saya ngga ngaku saya orang indonesia,” sambungnya.

Lahir di Indonesia

Agnez Mo

Ia juga menjelaskan kepada Kevin sampai bertanya soal garis keturunan. Menurutnya, Kevin merasa Agnez sangat berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya, entah dari kulitnya, mukanya, atau cara bicaranya. Ia pun akhhirnya menanyakan soal garis keturunan secara biologi pada diri Agnez Mo.

“Pertanyaan dari Kevin itu luar biasa karena penasaran sama Indonesia, saat dia ngomong kaya gitu secara visual mungkin kulitnya atau apanya kamu kok kaya beda, kenapa gara-gara itu karena saya tidak punya garis keturunan Indonesia. Kalo saya ngaku-ngaku, gue tuh ada Jawanya baru deh gue bohong artinya. Intinya saya bilang garis keturunannya itu Jerman, Jepang, dan China, saya memang hanya lahir di indonesia makannya saya orang Indonesia,” kata Agnez.

Tidak dibedakan

Agnez Mo

Lebih lanjut, Agnez juga mengaku tidak merasa dibedakan di Indonesia yang mayoritas beragama Muslim. Sementara dirinya menganut agama Kristen.

“Saya juga ada bilang saya orang Kristen yang tinggal di mayoritasnya muslim, tujuannya ngomong masalah keberagaman dan bukti nyata gue bahwa gue ini walaupun garis keturunan Jerman, Jepang, dan China dan disana orang-orang ngga mengecualikan saya,” lanjutnya.

Tidak ada garis keturunan Indonesia

Agnez Mo

Di video itu Agnez juga menjelaskan memang tidak ada garis keturunan Indonesia dalam dirinya. Ia juga tidak bisa memaksakan untuk pilih darahnya sendiri.

“Iya ngga ada (garis keturunan Indonesia), makannya kenapa saya ngga mungkin ngomong kalo saya orang Jawa gitu loh atau ada darah melayu. Darah saya kan ngga bisa pilih Ded. Masalah darah itu kan hanya konteks, jangan disamain sama bloods, garis keturunan yang biologis sama warga negara,” tandas Agnez Mo.