X
  • Agnez Mo

IntipSeleb – Agnez Mo hingga kini masih jadi perbincangan karena pernyataannya tidak punya darah Indonesia saat menjadi narasumber dalam acara Build Series by Yahoo. Penyanyi 33 tahun ini mengaku berdarah Jerman, Jepang dan China lalu hanya lahir di Indonesia.

Terkait hal itu, belum lama ini, Agnez blak-blakan memberikan penjelasan lewat sambungan video call dengan Deddy Corbuzier yang kemudian dipublikasikan mantan suami Kalina Oktarani itu ke kanal YouTube-nya. 

Dalam video berjudul AGNEZ MO MENJAWAB INDONESIA - EXCLUSIVE KLARIFIKASI itu, pelantun lagu Diamond ini menjelaskan latar belakang dirinya. Ia selalu mengakui bahwa dirinya adalah orang Indonesia karena ia terlahir di Tanah Air. Menurutnya, darah, garis keturunan serta kewarganegaraan merupakan hal yang berbeda.

Baca juga: Agnez Mo Blak-blakan Soal Darah Indonesia ke Deddy Corbuzier

Diragukan karena unsur Jawa di nama ayahnya​​

Orang tua Agnez Mo

Namun dibalik itu, Agnez Mo mengaku banyak netizen yang meragukan pernyataannya tak memiliki darah Indonesia karena unsur Jawa pada nama orangtuanya. Diketahui, nama ayah Agnez Mo adalah Ricky Muljoto, sementara ibunya Jenny Siswono.

Pertanyaan itu pun membuat Agnez Mo tergelitik dan lantas memberikan jawaban. Ia mengatakan jika nama tersebut diubah sendiri oleh sang ayah lantaran dahulu ada sebuah keharusan orang keturunan Tionghoa mengganti nama dengan nama Indonesia.

"Ada yang nanya soal nama orangtua. Ada yang bilang nama bapak lu tuh Muljoto, itu lu pasti ada Jawa Jawa-nya ya kan? Jadi nih buat kalian yang lebih tahu silsilah keluarga saya, biar saya kasih pencerahan ya," ujar Agnez Mo berapi-api.

"Kita tahu ya 'pada zamannya' orang harus ganti nama, orang yang ada nama marga Chinese itu harus diubah dengan nama yang lebih Indonesia. Karena ada beberapa kebutuhan yang mengharuskan mereka untuk mengganti namanya. Jadi nama Muljoto itu bahkan bukan nama (sebenarnya) karena nama kakek nenek moyang saya, yang mengubah itu ayah saya sendiri," ungkap pemilik nama asli Agnes Monica Muljoto itu.

Baca juga: Ternyata Ini Sosok Orangtua Agnez Mo, Pantes Anaknya Bule

Agnez Mo bersyukur bisa jadi pelajaran

Agnez Mo

Sumber foto: YouTube/Deddy Corbuzier

Meski sedih karena pernyataannya yang dipelintir sejumlah orang, namun Agnez Mo tak masalah dan tetap bersyukur. Permasalahan ini dianggapnya bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran atau pencerahan bagi orang lain.

"Dan ini bagus sih jadi akhirnya sekarang ini jadi tercipta pembicaraan dan pembicaraan yang mengedukasi. Saya sedihnya adalah kok ada yah orang yang tega memotong video untuk benefitnya mereka sendiri terserah apa itu, tetapi akhirnya tercipta pembicaraan yang dapat mengedukasi dan menurut saya diperlukan untuk mengedukasi," tandas Agnez Mo. 

Baca juga: Agnez Mo Ngaku Ditawarin Jadi Imigran di Amerika Serikat, Diterima?