X
  • Joaquin Phoenix

IntipSeleb – Joaquin Phoenix ditangkap polisi akibat menyuarakan pendapat soal perubahan iklim di aksi unjuk rasa mingguan bernama Fire Drill Fridays. Tak hanya sendiri, aktor Joker ini diamankan pihak berwajib bersama bintang Hollywood lainnya akibat memprotes perubahan iklim pada Jumat, 10 Januari 2020.

Martin Sheen, Maggie Gyllenhaal dan Susan Sarandon termasuk artis Hollywood yang ditangkap akibat protes di Washington, D.C. Mereka memberikan pidato tentang bahaya industri daging dan susu terhadap perubahan iklim. Menurut kepolisian Capitol Amerika Serikat, 147 demonstran ditangkap karena tidak sesuai dengan aturan hukum.

Baca Juga: Perlakuan Beyonce pada Joaquin Phoenix Dianggap Gak Pantas

Joaquin Phoenix ditangkap polisi

Joaquin Phoenix
Sumber: Instagram/@justjared

Joaquin Phoenix ditangkap pihak yang berwenang karena melakukan demo soal perubahan iklim pada Jumat, 10 Januari 2020. Sebelumnya, pada Oktober 2019 lalu beberapa bintang dunia Jane Fonda, Sam Waterson, Ted Danson, Rosanna Arquette, Sally Field dan Catherine Keener telah ditangkap karena pembangkangan sipil. Mereka ditangkap ketika mengadvokasi Green New Deal.

Seperti diketahui, Green New Deal adalah pengusulan program stimulus ekonomi yang bertujuan untuk menanggulangi masalah pemanasan global dan ketimpangan ekonomi. Merasa setuju dengan tindakan Fonda dan kawan lainnya, Phoenix turut menghadiri protes tersebut. Pria 45 tahun itu berdiri di atas panggung mendampingi Fonda untuk menyampaikan pidato singkat. Dalam perkenalan di awal pidato, Fonda menyebut Phoenix sebagai salah satu aktor terbesar saat ini.

Inti dari pidato tersebut tidak lain menyuarakan bahwa industri daging dan susu adalah penyebab utama dari ketiga hal dari adanya perubahan iklim. Mereka mempertimbangkan kepada publik untuk memilih dan memilah apa yang harus dikonsumsi.

“Sesuatu yang aku pikir tidak sering dibicarakan dalam gerakan lingkungan atau dalam pembicaraan tentang perubahan iklim mengenai industri daging dan susu adalah penyebab utama ketiga dari perubahan iklim. Aku pikir kadang kita semua bertanya-tanya apa yang bisa kita lakukan dalam perang melawan perubahan iklim ini. Mungkin ada sesuatu yang dapat kamu lakukan hari ini, sekarang, dan besok, dengan membuat pilihan tentang apa yang kamu konsumsi,” kata Phoenix dilansir dari Variety.

Phoenix mengubah kebiasaan makan

Beberapa hari setelah menerima penghargaan aktor terbaik di Golden Globes 2020, Phoenix memuji Hollywood Foreign Press Association karena mengakui adanya hubungan antara peternakan hewan dan perubahan iklim. Phoenix kemudian memberikan pidato dalam demo kali ini bahwa dirinya bisa mengubah kebiasaan makan untuk menanggulangi perubahan iklim.

“Aku berjuang sangat keras (untuk memerangi perubahan iklim) di beberapa waktu. Ada hal-hal yang tidak dapat aku hindari, seperti menerbangkan pesawat hari ini, atau semalam lebih tepatnya. Tetapi satu hal yang yang bisa aku lakukan adalah mengubah kebiasaan makan,” lanjutnya.

Sebelum protes soal efek industri daging dan susu terhadap perubahan iklim, Fonda memberikan suara hatinya tentang dampak perubahan iklim terhadap air dan perempuan. Memang, setiap minggunya, Fonda melakukan protes Fire Drill Friday untuk advokasi bidang yang berbeda. Ia juga telah mengadakan acara mingguan dengan para ahli membahas isu-isu global. Meskipun kemarin merupakan Fire Drill Friday terakhir di Capitol, Amerika Serikat, Fonda memastikan akan ada tempat lain untuk menyuarakan isu lingkungan.