X
  • Habibi Syaaf

IntipSeleb – Suami Angie Virgin, Habibi Syaaf hingga kini masih menjadi perbincangan. Ini terkait aksi heroiknya menyelamatkan seorang pria yang hampir tenggelam di sungai Thames saat dirinya bertugas sebagai polisi di London, Inggris.

Aksi Habibi Syaaf ini pun viral hingga terdengar sampai Indonesia dan dia pun dianggap sebagai pahlawan. Seiring dengan ramainya pemberitaan Habibi sebagai polisi London ini, banyak orang yang menanyakan tentang status kewarganegaraan Habibi.

Mereka penasaran bagaimana bisa, orang Indonesia menjadi polisi di Negeri Ratu Elizabeth itu. Menanggapi hal tersebut, Habibi Syaaf pun memberikan jawaban. Penasaran? Simak artikel berikut.

Habibi sudah 12 tahun jadi polisi

Habibi Syaaf

Sumber foto: Instagram/@bb_safe

Habibi Syaaf ternyata sudah 12 tahun menjadi polisi di Inggris. Pria keturunan Betawi ini menegaskan kalau darahnya tetap Indonesia. Oleh karenanya dia pun tidak mengubah kewarganegaraannya. Habibi masuk ke kepolisian Inggris dengan statusnya sebagai WNI (Warga Negara Indonesia).

"Saya orang Indonesia keturunan Betawi dan apapun kewarganegaraan saya, tidak ada yang bisa menghapus darah Indonesia saya atau keturunan saya. Sebagai informasi saja, saya dibesarkan di UK tapi tetap sebagai WNI dan saya masuk kepolisian Inggris sebagai WNI. Apakah bisa WNI jadi polisi UK jawabannya bisa!," tulis Habibi Syaaf di Instagramnya.

Sejak kecil tinggal di London​

Habibi Syaaf

Sumber foto: Instagram/@bb_safe

Pria yang kerap disapa Bb itu ternyata sudah menetap di Inggris sejak kecil. Hal ini diketahui dari foto masa kecil yang diunggah Habibi Syaaf di Instagramnya, 13 Januari 2020.

Dia menjelaskan kalau kedua orangtuanya, memboyong dia dan saudara-saudaranya pindah ke London sejak masih kecil. Hingga akhirnya, Bb pun dibesarkan di London. Dari jawaban Habibi Syaaf ​ke salah satu netizen, diketahui profesi ayahnya sebagai salah satu staf KBRI. Hal itu lah yang menjadi alasannya menetap di London.

Jelaskan syarat jadi polisi Inggris

Habibi Syaaf

Sumber foto: Instagram/@bb_safe

Ada pula netizen yang mempertanyakan tentang syarat dan ketentuan untuk menjadi polisi Inggris seperti dirinya. Tidak pelit ilmu, Habibi pun membagikan pengalamannya menjadi polisi. Menurut Bb, tidak perlu mengubah kewarganegaraan demi menjadi aparat di Inggris.

"Apakah orang indonesia asli bisa berkarier sebagai polisi di inggris ka @bb_safe apakah ada syarat khusus atau kah ada ketentuan lainnya. Tolong dijawab yah please," tanya seorang netizen.

"Bisa! tidak perlu pindah warga negara asal punya visa resident di UK dan sudah tinggal di UK selama 3 rahun. Saya Betawi pindah ke UK umur 4 tahun dan besar di London," jawab Habibi.

Tidak hanya itu saja, ayah dua orang anak ini juga memberikan motivasi untuk orang lain agar tetap bekerja keras demi meraih kesuksesan, terlebih di negara lain.

"Disini hukum melindungi kita dari diskriminasi berbasis race, religion and sex di lingkungan kerja. Kalau kita memenuhi syarat seharusnya kita bisa diterima tapi tentu saja sebagai imigran dan keturunan bangsa lain kita harus selalu bekerja keras dan berusaha lebih untuk diterima. semoga menjadi inspirasi untuk yg merantau," tandas Habibi Syaaf.

Tidak hanya pujian, aksi heroik Habibi bersama rekannya Ron Downson ini juga mendapat penghargaan dari Ketua Parlemen Inggris Sir Lindsay Hoyle dan Menteri Dalam Negeri Priti Patel. Banyak netizen yang lantas mengaku bangga pada Habibi Syaaf.

Baca juga: Potret Ganteng Suami Angie Virgin, Jadi Pahlawan di Inggris