img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Sebentar lagi umat muslim di Indonesia akan merayakan hari raya qurban atau Idul Adha 2022. Pada tahun ini, Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Menjelang hari raya Idul Adha 2022, umat muslim disarabkan untuk berpuasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah. Ketiga puasa itu disunnahkan untuk diamalkan dan dilakukan.

Diketahui, puasa  Dzulhijjah dilaksanakan selama sembilan hari pertama Dzulhijjah. Di antara hari tersebut, terdapat puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah jatuh pada 9 Dzulhijjah.

Banyak yang berpendapat puasa Tarwiyah masuk dalam puasa Dzulhijjah. Namun, tidak ditemukan dalil yang shahih dalam pelaksanaan puasa ini.

Kemudian, pada hari kesembilan Dzulhijjah disebut juga puasa Arafah karena pada saat itu jama'ah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Sejatinya, pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang mulai untuk mengerjakan amal-amal sholeh.

Salah satunya dengan berpuasa sebelum Idul Adha. Puasa Idul Adha dibagi jadi 3 yaitu puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah.

Hal itu, terkandung dalam sebuah hadits yang berasal dari Ibnu Umar ra. Nabi Muhammad SAW. Berikut bunyinya:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Artinya:“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah)." Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun."(HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah. Hadits senada juga diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad).

Pada sepuluh hari pertama sebelum Idul Adha disarankan untuk beramal sholeh. Selain itu juga hendaknya kaum muslimin mencari ridho Allah dengan memperbnyak ibadah pada 10 hari pertama Dzulhijah sebelum Idul Adha. 

1. Niat Puasa Dzulhijjah

Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022, umat Muslim disunahkan untuk mengerjakan puasa. Puasa sunah di Bulan Dzulhijjah diantaranya seperti; Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah. 

Topik Terkait