• Adipati Dolken

IntipSeleb – Adipati Dolken merupakan satu dari sekian banyak orang yang menyukai fotografi. Hobinya tersebut terlihat jelas melalui akun Instagram pribadinya @adipati. Ia kerap memposting hasil foto yang memukau dan mampu memanjakan mata. 

Selain berprofesi sebagai aktor, ternyata pria 28 tahun itu juga menjadikan kegemarannya dalam memotret sebagai mata pencaharian. Saat ini, Adipati Dolken menerima tawaran untuk jadi fotografer. Seperti diketahui, bintang film Posesif ini juga memiliki majalah serta film pendek buatannya sendiri. Karya-karya yang ada di dalamnya diambil menggunakan jepretan Adipati sendiri. 

Yuk simak wawancara eksklusif IntipSeleb sama Adipati Dolken di kantor VIVA networks belum lama ini!

Arti Foto ‘Bagus’ Bagi Adipati Dolken

Adipati Dolken
Sumber Foto: @adipati/Instagram

Karya seni termasuk foto adalah sesuatu yang tidak bisa dinilai, apalagi dibandingkan. Dodot, sapaan akrab untuk Adipati pun memiliki pandangan sendiri tentang arti foto ’bagus’ seperti apa. Biasanya, foto yang dianggap ‘bagus’ identik dengan komposisi gambar yang rapi dan warna gambar terang. Namun menurut Dodot, lokasi tempat pengambilan foto menjadi hal yang harus diperhatikan. 

“Kebetulan gue suka jalan keluar kota dan traveling. Jadi untuk bisa ambil gambar, gue dapat tempat yang emang sudah keren duluan sebenarnya. Mau pakai kamera apa pun, mau pakai handphone pun juga sebenarnya bisa gitu, cuman tempatnya dulu sih,” kata Dodot dalam wawancara eksklusif bersama tim IntipSeleb di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur belum lama ini.

Tidak hanya lokasi foto, sebagai fotografer, Dodot tidak boleh kelewatan momen yang terjadi di depan matanya. Ada satu info lagi nih, waktu pengambilan gambar juga bisa menjadi penentu bagus atau tidaknya hasil foto. 

“Momen sudah pasti, kita tahu momen yang tepat seperti apa, situasi yang tepat seperti apa, sampai jam waktunya yang tepat seperti apa. Itu yang paling penting tuh cahaya dan dibantu sama alamnya,” ujarnya menambahkan. 

Kamera Favorit Adipati Dolken

Feed Instagram Adipati Dolken
Sumber Foto: @adipati/Instagram

Pasti kalian penasaran kan, kamera apa yang digunakan Dodot hingga bisa menghasilkan potret-potret ciamik seperti gambar di atas?

Berdasarkan penggunaan pribadi, mantan kekasih Vanesha Prescilla ini menyukai 3 kamera berbeda, “Kalau kamera profesional, Sony Alpha 7 Mark III, sama Fuji dan gue bawa analog, Contax T3,” ungkapnya. 

Kamera Analog Vs Kamera Digital

Adipati Dolken
Sumber Foto: @adipati/Instagram

Namun, pemakaian ketiga kamera tersebut disesuaikan dengan kebutuhannya kala itu. Dodot sendiri lebih menyukai kamera jenis analog untuk mengabadikan momen hangout bersama teman-temannya. 

“Kalau gue lagi jalan-jalan sama teman-teman gue segala macam, gue lebih suka pakai analog karena menurut gue itu point on shoot kayak gue keluarin, langsung foto,” ucapnya. 

Sementara kamera profesional jauh lebih kompleks dari fitur dan lensa karena sang pengguna dapat mengatur shutter speed, aperture, hingga ISO sesuai dengan keinginan masing-masing.

“Tapi kalau emang buat kerjaan kayak gue ke alam, gue ke jalanan buat memang nyari sesuatu momen atau mau bikin objek seperti apa, gue lebih suka pakai (kamera) profesional karena menurut gue, gue bisa ngatur semuanya. Gue bisa ngatur cahayanya, shutter speed segala macam,” jelasnya. 

Perbedaan utama dari kamera profesional dan analog, selain dari segi fisik dan setting adalah kamera analog membutuhkan waktu lebih lama untuk memproduksi hasil foto. Sedangkan foto yang diambil menggunakan kamera profesional bisa langsung dilihat saat itu juga. 

“Walaupun di analog juga bisa, cuman gue enggak mau buat suatu kerjaan pakai analog soalnya gue punya tanggung jawab. Misalkan gue harus dapat gambar yang bagus tapi gue enggak bisa ngecek gambar gue seperti apa. Jadi takes time nya lumayan lama,” pungkas pria kelahiran tahun 1991 tersebut. 

Kalau kamu, lebih suka kamera digital atau justru kamera jadul, analog guys?