img_title
Foto : IntipSeleb/Yudi

JakartaKomposer Tanah Air, Yovie Widianto menyuarakan pendapatnya perihal pendistribusian royalti untuk para pencipta lagu yang belakang kerap menjadi bahasan publik. Salah satu saran yang diajukan Yovie adalah transparansi royalti mulai dari awal pengumpulan hingga pendistribusian.

Dari pengalaman yang saya alami, itu sebenernya carut-marut atau kekisruhan saat ini sebenarnya mungkin akan berkurang atau akan terminimalisasi kalau misalnya LMK dan LMKN-nya perform, dalam artian transparansinya lebih terbaca lagi,” ungkap Yovie Widianto di Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut Yovie, banyak pihak yang harus terlibat dan bekerja sama dengan baik dalam hal royalti ini. Intip informasi selengkapnya di bawah ini.

Ingin Ada Perbaikan Mekanisme

IntipSeleb/Yudi
Foto : IntipSeleb/Yudi

Mulai dari pihak promotor atau penyelenggara acara, menurut Yovie, mereka harus dengan jujur memberikan daftar lagu yang akan diputarkan. Setelah itu, barulah Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) dan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) menjalankan tugasnya sebagai pengumpul dan pendistribusi royalti itu.

Artinya gini, akan lebih mudah nih kalau promotor memberikan semua daftar lagunya sehingga ketahuan tuh lagu yang dibawakan apa saja, LMK-nya pun tinggal share (bagi royalti) yang berdasarkan daftar lagu itu,” ucap Yovie.

Topik Terkait