X

IntipSeleb – Film Joker terbaru keluaran DC akan tayang pada 10 Oktober 2019. Namun antusias penonton Tanah Air sudah sangat tinggi. Kisah yang berbeda dari sosok musuh Batman ini seakan menjadi gambaran menarik bagi banyak orang tentang bagaimana masa lalu Joker. Meski tak lagi diperankan Jared Leto, kehadiran Joaquin Phoenix juga diterima dengan lapang hati. 

Tapi, ada satu yang harus kalian persiapkan nih, mau sebagus apapun ceritanya nanti, jangan berharap banyak akan adanya sekuel dari Joker. Meski biasanya sekuel juga dibuat berdasar pertimbangan pasar, tapi film ini sendiri dibuat tanpa niat untuk ada kisah lanjutannya. 

Sekuel tak direncanakan

sumber: comicbook

Saat pemutaran perdana film Joker di Los Angeles, sutradara Todd Philips mengungkap bahwa dia dan studio tidak ada rencana untuk membuat sekuel. Sebelumnya saat wawancara dengan Total Film, Philips seolah mengisyaratkan peluang untuk sekuel kalau memang film Joker sukses di pasar.

Meski begitu, Todd Philips sebagai sutradara berkeinginan untuk bekerja sama lagi dengan Joaquin Phoenix bila memang ada kesempatan.

"Kata-kataku adalah,'aku akan melakukan apapun yang diinginkan Joaquin’. Memang aku akan melakukannya. Tapi film ini tidak dirancang untuk (memiliki) sekuel. Kita selalu membuatnya sebagai satu film, begitu,” ungkap Philips dilansir dari Games Radar pada Selasa, 17 September 2019.

Todd merasa bahwa pemberitaan yang salah tafsir tersebut telah memberi arti lain dan semakin disalah artikan oleh banyak orang. Bahkan Todd memilih meninggalkan film ini jika memang niat awalnya adalah untuk membuat sekuel, memperluas kisahnya dan membangun kisah baru. 

Salah pemberitaan

Awal munculnya isu akan adanya sekuel itu sendiri menurut Todd murni kesalahan mengartikan perkataannya saat wawancara dengan Total Film. Yang dimaksud adalah bila Warner Bros menawarkan Todd untuk bekerja sama lagi dengan Joaqin di proyek lain.

"Jika dia Joaquin ingin melakukannya, dan jika orang suka film ini, dan Warners datang pada kami dan berkata, ‘kamu tahu? jika kamu bisa memikirkan sesuatu..' nah, aku merasa bahwa dia dan aku bisa memikirkan sesuatu yang cukup keren,” ucap Philips dalam wawancara dengan Total Film.

Tak ingin bersaing dengan Marvel

sumber: inverse

Alasan Todd tak ingin membuat sekuel bukan tanpa sebab. Sejak awal Todd mengatakan bahwa filmnya ini tidak bisa disandingkan dengan Marvel. Bagaimanapun juga, ia merasa tidak bisa mengalahkan Disney dalam cerita superhero, sehingga dia memutuskan untuk membuat sesuatu yang berbeda. 

"Kamu tidak bisa mengalahkan Marvel, itu raksasa besar," karena itu daripada harus melawannya, sutradara memutuskan untuk memberi misi ringkas untuk proyeknya,"mari melakukan sesuatu yang tidak bisa mereka lakukan," ungkap Todd Philips dilansir dari Games Radar.