IntipSeleb – Rasa duka mendalam tengah dirasakan oleh presenter dan YouTuber Bima Aryo. Anjing belgian malinois kesayangannya bernama Sparta mati pada Senin malam, 28 Oktober 2019. Tagar RIP Sparta juga menjadi trending Indonesia di Twitter pada Selasa, 29 Oktober 2019.

Sebetulnya Sparta sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Makanya berita tentang kematian Sparta juga mencuri perhatian publik. Buat kamu yang gagal paham, berikut ini 5 fakta tentang Sparta yang mungkin terlewatkan.

Pernah gigit ART sampai tewas

Ini adalah salah satu faktor yang membuat Sparta menjadi terkenal. Kasusnya mengigit pembantu rumah tangga sampai tewas pada bulan Agustus lalu menghebohkan publik. Kejadian ini terjadi saat pembantu yang berusia 35 tahun sedang membersihkan kandang. Atas kejadian tersebut, pihak Bima Aryo memberi santunan senilai Rp60 juta kepada keluarga korban. Masalah diselesaikan secara kekeluargaan.

Menjalani observasi

Sparta terhindar dari hukuman suntik mati karena ada aturan Undang-undang kehewanan. Atas peristiwa naas tersebut, Sparta dibawa oleh Suku Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) untuk menjalani observasi di Fasilitas Observasi Puskeswan Dinas KPKP DKI Jakarta selama dua minggu sampai 13 September 2019. Hasil observasi menunjukan Sparta tidak menderita rabies seperti dugaan awal.

Dilatih oleh Satuan Anjing Pelacak (K9)

Setelah menjalani observasi, Sparta akhirnya diasuh dan dilatih oleh Satuan Anjing Pelacak (K9) Polda Metro Jaya. Berdasarkan keterangan Bima Aryo, Sparta memang memiliki karakter penjaga yang lebih tinggi. Sebagai pemilik awal, Bima tetap mendampingi Sparta sepanjang masa orientasi pelatihan. 

Sparta dan Anubis

Sparta tidak sendiri, ada anjing belgian malinois lain yang dipelihara oleh Bima Aryo bernama Anubis. Keduanya sama-sama diambil oleh KPKP setelah kejadian ART tewas dan dilatih oleh K9. Kalau Sparta berjenis kelamin laki-laki, Anubis perempuan. Masing-masing punya akun Instagram sendiri, @paltakush dan @anubisthebelgianmalinois.

Sparta mati 

Bima Aryo dan Sparta

Bima Aryo membagikan detik-detik Sparta mati di Instagram Story @bimaaryo sejak Senin, 29 Oktober 2019. Awalnya Sparta habis melakukan transfusi darah, namun keadaannya justru menurun. Demam setinggi 41,1 celcius hingga mengalami muntah darah. Kesedihan mendalam begitu dirasakan oleh Bima saat Sparta kejang-kejang sampai mati dipelukannya. RIP Sparta!

Baca juga: Detik-detik Kematian Sparta, Anjing Belgian Malinois Bima Aryo