X

IntipSeleb – Cara menghilangkan kantung mata menjadi alternatif untuk memberikan tampilan segar untuk wajah mu. Banyak yang merasa bagian mata menjadi utama dalam tampilan. Namun, dengan adanya kantung mata dapat membuat wajah terlihat seperti mengantuk dan tidak segar.

Sehingga cara menghilangkan kantung mata pun menjadi pilihan. Walaupun cara menghilangkan kantung mata tak semudah yang kamu bayangkan loh teman-teman. Kamu mungkin akan berpikir bahwa istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat akan menghilangkan bengkak di bawah mata.

Melansir pada Byrdie, cara menghilangkan kantung mata tak dapat dilakukan semudah membalikkan telapak tangan begitu saja. Seiring bertambahnya usia, kantung mata terus mengalami perubahan. Mulai dari perubahan warna gelap atau kebiruan, penampilan tertekan, bengkak, dan timbul kantung. Bahkan, ada juga karena faktor genetik.

Meski cara menghilangkan kantung mata tak mudah dan wajah mengantuk tak dapat terhindari, namun kamu memiliki kontrol untuk mengurangi pembengkakan tersebut. Sehingga dapat terlihat lebih segar dalam waktu 3 hari.

Lantas bagaimana cara menghilangkan kantung mata tersebut? Mau tahu? Jangan khawatir. IntipSeleb akan rangkum bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang pas untuk kamu. Yuk langsung aja simak artikel selengkapnya di bawah untuk mengetahui cara menghilangkan kantung mata, check it out!

Taruh Sendok Dingin Pada Bagian Mata

Cara menghilangkan kantung mata pertama jatuh kepada cara menaruh sendok dingin pada bagian mata. Di mana metode ini merupakan cara murah dan alternatif paling gampang untuk dapat kamu praktekan segera.

Kamu dapat menggunakan sendok makan dan menaruhnya di dalam kulkas beberapa jam. Alangkah lebih baiknya jika kamu menaruh sendok dingin tersebut ketika baru bangun, sehingga peletakan sendok dalam kulkas cocok di waktu malam hari.

Lalu, saat menggunakannya, kamu dapat menempelkan besi sendok pada bagian mata dan rasakan sensasi dinginnya. Sehingga setelah pemakaian, mata mu akan terasa lebih hidup dengan pembengkakan yang sudah mulai berkurang.

Menggunakan Krim Mata

Untuk mengurangi pembengkakan bagian kantung mata, kamu dapat menggunakan krim khusus mata. Cara menghilangkan kantung mata ini dapat ampuh karena kamu akan menjaga kelembaban dari kulit area mata.

Kulit area mata lebih sensitif dibandingkan area kulit lainnya. Sehingga, perawatan pada bagian mata memang harus lebih teliti dan juga pelan-pelan dalam memegangnya. 

Bonus dari menggunakan krim mata selain lembab pada area kulit di sekitar mata, juga dapat membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus. Kamu bisa menggunakan pelembab wajah ringan di sekitar mata selama tidak ada reaksi negatif dan memang dianjurkan dalam kemasannya.

Namun, jika kamu merasakan adanya sensasi menyengat atau mata berair dan merah, maka langsung hentikan pemakaian. Ganti dengan krim khusus mata karena cenderung lebih aman serta pilihlah pelembab atau krim mata dengan bahan yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel baru.

Gunakan Kantong Teh

Setelah kamu membuat teh, rupanya kantong yang akan kamu buang dapat menjadi alternatif untuk mengurangi pembengkakan kantung mata loh, teman-teman. Sehingga kamu dapat mencoba dengan penggunaan kantong teh celup bekas.

Pasalnya, kantong teh yang kamu anggap sampah ini ternyata bisa membantu merawat kulit di sekitar mata. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi tumpukan cairan di bawah kulit.

Sehingga kamu harus memanfaatkan kantong teh bekas secara maksimal. Lantas, bagaimana cara pemakaian kantong teh tersebut?

Caranya, rendam dua kantong teh bekas dalam air panas selama lima menit. Kemudian, masukkan ke dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, taruh kedua kantong teh tersebut pada masing-masing mata selama 10 hingga 20 menit.

Pijat Area Mata

Untuk menjaga sirkulasi di sekitar mata tetap lancar kamu bisa memijatnya secara perlahan. Hal ini bisa kamu lakukan baik saat menggunakan krim mata atau ketika mencuci muka saat mandi. Pijatan biasanya membantu mengurangi kelebihan cairan yang menumpuk dan menjadi salah satu penyebab mata bengkak.

Ketika cairan yang menumpuk menghilang, mata kamu akan kembali terlihat segar. Hal pasti yang harus diingat, memijat area mata harus penuh kelembutan ya. Jika kamu memijat dengan kasar, maka akan menimbulkan penuaan lebih cepat dan akan menghasilkan kerutan di bagian mata.

Cuci Muka 

Untuk mengurangi pembengkakan pada kantung mata, kamu juga dapat menggunakan metode mencuci muka agar terasa lebih segar.

Pertama kamu harus bersihkan makeup. Setelah mencuci tangan, sekarang waktunya bersihkan makeup di wajah dengan kapas dan makeup remover. Boleh pakai remover yang berbasis minyak untuk membersihkan sisa-sisa makeup waterproof di wajah, atau pakai micellar water.

Bahkan, jika bisa diusahana menghapus make up di area mata dengan makeup remover khusus mata. Kamu dapat menghapusnya dengan perlahan-lahan dan penuh perhatian pada bagian mata. Setelah itu, kamu bisa membasuh wajah dengan kain lap yang sudah dibasahi air hangat. Hal itu dapat mengurangi pembengkakan kantung mata.

Tidak Merokok

Merokok bisa membuat kulit wajah kamu terlihat lebih tua dan lebih gampang muncul kerutan. Pasalnya, merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar. Hal ini akan mengurangi aliran darah dan membuat kulit terlihat lebih pucat. Penyempitan pembuluh di wajah juga menghabiskan oksigen dan nutrisi kulit yang penting bagi kesehatan kulit.

Merokok juga dapat menurunkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kurangnya kolagen di dalam tubuh berisiko membuat kulit wajah jadi tidak kenyal, elastis, dan cerah. Sehingga dengan merokok, akan memperparah kondisi kantung mata kamu.

Tidur Yang Cukup

Untuk mengurangi kantung mata, kamu dapat tidur dengan waktu cukup. Jika kamu kurang tidur, biasanya bengkak akan semakin parah. Perbaikan yang sering diabaikan untuk menghilangkan kantung mata yang dapat memberikan hasil adalah dengan tidur dalam posisi yang lebih tinggi.

Kamu dapat mencoba untuk tambahkan bantal saat tidur dengan posisi kepala tinggi karena memungkinkan cairan mengalir lebih mudah di malam hari.

Gunakan Masker Mata

Untuk melengkapi perawatan kantung mata agar tidak membuat wajah kamu seperti lelah dan mengantuk, kamu dapat memaksimalkan pemakaian masker mata.

Masker mata khusus dapat memberikan sensasi dingin dan membuat mata menjadi relax saat dipejamkan dan segar ketika melek. 

Kelola Pikiran

Overthinking dapat membuat kamu susah tidur. Sehingga mengelola pikiran juga penting untuk mengurangi pembengkakan mata. Untuk menghindari overthinking, baiknya kamu mulai cari cara mengendalikan emosi. Mungkin kamu dapat melakukannya dengan cara meditasi, olahraga, dan tidur yang cukup.

Itulah deretan alternatif untuk mengurangi pembengkakan kantung mata secara cepat. Begitu banyak usaha untuk meredam permasalahan kantung mata yang tidak mudah tersebut. Setidaknya, kamu telah mencoba untuk melakukan perawatan kantung mata dan mengurangi tampilan mengantuk pada wajah kamu.

Berita Terkait :

Saksikan Juga