X

IntipSeleb – Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Kabar ini berawal dari cuitan Ernest Prakasa di Twitter. Kabar meninggalnya Ria dibenarkan oleh suaminya, Mayky Wongkar.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini Ria tengah berjuang dalam melawan penyakit kanker yang dideritanya beberapa tahun lalu. Sempat sembuh, namun Ria harus kembali dirawat inap di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada November 2019 lalu karena kanker getah bening dan tumor otak. Berikut rangkuman riwayat penyakit Ria Irawan sebelum meninggal dilansir dari VIVA.co.id.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Ria Irawan Posting untuk Suami Tercinta

Kanker getah bening

Ria Irawan

Industri Tanah Air kembali diselimuti kabar duka. Artis senior Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia akibat mengidap penyakit kanker getah bening. Ria sudah mengidap penyakit tersebut sejak lama. Ia didiagnosa menderita kanker getah bening sejak tahun 2009. Penyakit tersebut mengharuskan Ria menjalani berbagai pengobatan kemoterapi yang menyebabkan rambut indahnya terpangkas habis.

Sempat dikabarkan sembuh 2017 lalu, Ria harus menerima kenyataan bahwa kanker getah bening yang diidapnya kembali aktif di stadium 3 pada pertengahan 2018. Meski harus mengidap penyakit serius, pemeran Janji Joni ini terus menumbuhkan harapan dan berjuang demi kesembuhannya.

Angkat rahim

Tak hanya sendiri, Ria berjuang melawan penyakit yang diidapnya ditemani sang suami, Mayky Wongkar. Pria yang juga merupakan mantan asistennya itu sebenarnya telah ditolak empat kali oleh Ria. Namun, karena perjuangan cintanya yang tulus, Ria akhirnya luluh dan mau dinikahi direktur fotografi film yang dibuatnya bertajuk Gila Jiwa itu. Ria dan Mayky pun akhirnya menikah di KUA Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, 23 Desember 2016. Meski Ria tidak bisa memiliki anak akibat operasi pengangkatan rahim, Mayky tetap setia menemani istrinya menjalani serangkaian pengobatan.

Tumor kepala

Ria Irawan

Selain kanker, di tahun yang sama, penyakit lain yakni tumor di bagian kepala menyerang tubuh Ria Irawan. Akibatnya, Ria mengalami kesulitan bicara dan kehilangan keseimbangan. Meski kondisinya lemah di tengah perjuangannya untuk sembuh, Ria masih aktif mengabari penggemarnya lewat media sosial.

"Karena ada tumor di dalam kepala, yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan, akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, pasien di sebelah saya juga belajar, belajar menahan sakit," ungkap Ria di dalam akun Instagramnya dilansir dari VIVA.co.id.

Tapi takdir berkata lain, kondisi yang kian menurun dan memburuk membuat Ria menghembuskan napas terakhir pada Senin pagi, 6 Januari 2020. Kabarnya, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Selamat jalan, Ria Irawan.

Baca Juga: Ria Irawan Meninggal Pas Adzan Subuh, Adik Unggah Foto Keranda