img_title
Foto : Pinterest/Much Better & Tri Hatmi Azani Siregar

IntipSelebSop buntut adalah salah satu kuliner Indonesia yang keberadaannya cukup digemari oleh banyak orang. Seperti namanya, tentu bahan utama dalam membuat kuliner yang satu ini adalah buntut atau ekor sapi.

Proses pembuatan kuliner yang satu ini adalah dengan memanfaatkan potongan ekor sapi yang telah dibumbui, kemudian digoreng atau dibakar lalu dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang dilengkapi dengan potongan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan juga bawang goreng.

Menikmati semangkuk sop buntut yang panas dengan cita rasa yang gurih yang pas, wah! Dijamin, anda akan ketagihan dan ingin menyantapnya kembali jikalau ada kesempatan. Jika anda adalah pecinta sop buntut, lantas tahukah anda bagaimana sejarah dari sop buntut?

Jika belum tahu, maka tidak ada salahnya jika anda menilik sebentar sejarah dan hal menarik tentang sop buntut.
Dan juga kami akan sajikan resep sop buntut yang bisa anda buat di rumah yang pastinya mudah! Yuk simak artikelnya berikut ini.

Sejarah sop buntut

Pinterest/Much Better
Foto : Pinterest/Much Better

Tahukah anda bahwa sebenarnya sop buntut bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia? Makanan ini ternyata merupakan kuliner asal Perancis, lho. Melansir dari Paragram, nama lain dari sop buntut adalah Oxtail Soup. Oxtail soup pertama kali ditemukan di abad ke -17 dan dipercaya berasal dari rombongan Huguenot Perancis dan Imigran Belgia.

Kala itu, mereka meracik oxtail soup dengan menggunakan bahan dasar buntut hewan. Selain itu, ada juga yang menyebut bahwa sop buntut ini juga berasal dari Tiongkok dan juga Korea. Di Tiongkok, sop buntut menggunakan buntut sapi yang dipisah dengan kuahnya, jadi tidak dicampur.

Sedangkan jika sop buntut versi Korea, buntut sapinya ikut dicampur dengan kuahnya. Menurut cerita, makanan yang mirip sop buntut ini di Korea disebut dengan kkori-gomtang yang terbuat dari tulang, sesuai dengan namanya yang memiliki arti sup tulang.

Selain itu, untuk campuran kuahnya juga ditambahkan bawang putih hingga daun bawang sebagai pelengkapnya.
Setelah menilik sejarah sop buntut dari luar negeri, kini saatnya anda juga mengetahui asal sop buntut di Indonesia.

Kabarnya, di Indonesia sendiri sop buntut mulai ramai dikenal oleh masyarakat luas di kisaran tahun 1970. Awal mula tempat yang mempopulerkan sop buntut adalah dari Hotel Borobudur yang menyediakan sop buntut menjadi salah satu menu di restoran mereka.

Usai menjadi menu restoran di Hotel Borobudur, tak berselang lama pun mulai bermunculan pedagang kaki lima yang mulai menjajakan sop buntut. Dan ternyata, lebih banyak tamu hotel yang lebih menyukai sop buntut versi pedagang kaki lima.

Oleh sebab itu kemudian pihak hotel berguru pada para pedagang kaki lima untuk membuat sop buntut yang bercita rasa lokal dan lebih diterima oleh masyarakat. Semenjak saat itu lah, kuliner yang satu ini tak pernah mati dan justru makin menjadi menu favorit bagi sebagian orang.

Manfaat sop buntut

Pinterest/Tri Hatmi Azani Siregar
Foto : Pinterest/Tri Hatmi Azani Siregar

Berbahan dasar dari daging sapi dan juga beberapa sayuran. Tentunya sop buntut memiliki manfaat bagi tubuh. Hal ini tentunya baik, karena selain rasanya yang nikmat dan membuat ketagihan, sop buntut juga memiliki manfaat bagi tubuh karena mengandung hal-hal yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam semangkuk sop buntut, terkandung kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Banyaknya kandungan gizi yang dimiliki buntut sapi ini membuat bagian ini menjadi salah satu bagian sapi yang paling dicari.

Tak hanya dagingnya saja yang memiliki manfaat, tapi kuahnya juga sangat baik bagi tubuh karena mengandung beberapa sayuran seperti wortel, kentang, dan juga tomat. Setidaknya terkandung vitamin A dari wortel, vitamin B kompleks dan C dari kentang, dan tambahan Vitamin C dari tomat.

Eitss, tapi tetap, ya. Meskipun memiliki manfaat, anda tak boleh sering-sering makan sop buntut. Sop buntut juga tinggi akan lemak yang jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan penyakit kolesterol. Konsumsi secukupnya saja.

Cara membuat sop buntut

Instagram/@vv_luv_eatntravel
Foto : Instagram/@vv_luv_eatntravel

Setelah mengetahui bagaimana sejarah dan hal menarik tentang sop buntut, tak lengkap jika tak mengetahui bagaimana resep dari sop buntut. Mungkin bagi sebagian orang, di daerahnya tidak ada yang menjual sop buntut, maka dari itu anda bisa coba memasaknya sendiri di rumah. Sebab, caranya pun mudah.

Selain mudah, keuntungan lain dari memasak sendiri di rumah adalah anda bisa menggunakan bahan-bahan terbaik untuk masakan anda. Yuk simak resep sop buntut berikut ini.

Resep sop buntut

Bahan-bahan sop buntut
- 1 kg buntut sapi
- 2 lt air
- 3 buah wortel
- 3 buah tomat
- 2 buah kentang
- 1/2 bawang bombai
- 1 sdt bubuk pala
- 1 sdm mentega

Bumbu Halus :
8 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt merica

Bahan Pewangi :
1 batang kayu manis
3 buah cengkeh
2 kapulaga ( opsional )

Cara membuat sop buntut:

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah potong-potong wortel, kentang dan tomat menjadi ukuran yang kecil-kecil. Jangan lupa, lakukan hal yang sama pada bawang bombay. Setelah selesai, sisihkan.
2. Selanjutnya adalah menghaluskan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah dan juga merica. Selanjutnya adalah panaskan air hingga mendidih kemudian rebus daging buntut sapi yang telah anda cuci bersih. Proses perebusan ini tak perlu lama, hanya sekitar 2 menit saja kemudian angkat, hal ini hanya bertujuan untuk menghilangkan bau amis dari buntut sapi.
3. Setelah direbus sebentar, untuk mendapatkan tekstur buntut yang lembut maka harus di presto. Presto kurang lebih 15 menit, jangan terlalu juga karena nanti buntut sapi bisa terlalu lembek.

4. Kemudian panaskan wajan berisi mentega, kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Tumis hingga harum dan tambahkan bawang bombay kemudian diaduk sebentar. Setelah itu tambahkan sedikit air dan aduk-aduk kembali.
5. Setelah presto selesai, masak kembali (kali ini dengan cara direbus biasa) sambil masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam air bekas rebusan presto buntut sapi. Kemudian tambahkan kayu manis, cengkeh, kapulaga dan bunga lawang. Kemudian aduk-aduk.

6. Setelah itu jangan lupa tambahkan sayur-sayuran yang telah dipotong (kecuali tomat). Lalu tambahkan juga garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya. Jangan lupa tambahkan bubuk pala. Jika sudah mendidih, anda bisa koreksi rasa agar rasa sop buntutnya sesuai dengan lidah anda.
7. Selanjutnya tambahkan tomat dan matikan kompor. Tuang sop buntut ke dalam mangkuk dan sop buntut siap untuk disajikan.

Demikian adalah informasi seputar sajarah menarik tentang sop buntut serta resep sop buntut yang bisa anda buat di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menjadi sumber inspirasi bagi anda.

Topik Terkait