img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Sejumlah resep dan cara membuat onde onde pasti dapat kalian temukan dengan mudah di berbagai sumber. Namun kali ini intipseleb akan mengajak kalian untuk, belajar dan mempraktekkan langsung cara membuat onde-onde dengan berbagai varian rasa dan isian didalamnya sehingga menambah rasa nikmat.

Biasanya onde-onde identik dengan bentuknya yang bulat dan bertabur wijen di bagian luarnya. Memiliki cita rasa yang manis dan sedikit gurih, jajanan ini selalu habis diserbu pembeli lantaran memiliki ciri khas rasa yang super enak. 

Nah untuk kalian yang tidak suka jajan di luar, alangkah baiknya membaca resep cara membuat onde-onde versi intipseleb kali ini, karena kalian akan diberikan paduan dan kemudahan pada saat mulai mencoba membuatnya di rumah. Onde-onde dengan berbagai varian rasa jarang sekali ditemukan dan dijajakan di pasaran. Biasanya di pasaran atau di pedagang kaki lima, mereka menjual onde onde topping wijen dengan isian kacang hijau di dalamnya.

Onde-onde mungkin lebih umum dijajakan sebagai camilan kaki lima daripada camilan yang dibuat sendiri di rumah. Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa membuat onde-onde yang enak di rumah.

Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih melegenda sampai sekarang. Jajanan tradisional ini memiliki tekstur yang kenyal ketika digigit dengan isian kacang hijaunya yang manis dan lembut. Karena rasanya yang enak inilah, onde-onde cocok dijadikan suguhan saat ada acara atau untuk cemilan sehari-hari.

Resep dan cara membuat onde-onde wijen dengan isian kacang hijau termasuk mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat dan langkah-langkah pembuatannya juga gampang diikuti.

Onde-onde merekah alias onde-onde ketawa ini rasanya gurih manis. Adonannya sedikit manis dengan lapisan biji wijen yang renyah. Cocok buat teman ngopi.
Onde-onde biasa dibuat dari adonan tepung ketan lalu diisi pasta kacang hijau, dibentuk bulat dan dilapisi biji wijen lalu digoreng. Onde-onde ketawa ini tidak diisi adonan tetapi digoreng hingga merekah.

Adonannya dibuat dari tepung terigu hingga rasanya lebih mirip kue dan tidak mulur. Onde-onde yang diadaptasi dari kuliner China ini merupakan simbol rejeki dan kebahagiaan. Karenanya disajikan di tahun baru dan acara spesial. Meski cukup mudah ditemukan di mana saja, kudapan lezat ini disebut-sebut bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Tionghoa.

Camilan yang memiliki rasa gurih manis ini dibawa oleh pedagang Tionghoa sekitar tahun 1300 Masehi. Di negeri asalnya, onde-onde punya nama yang berbeda-beda mulai dari matuan, ma yuan, ledeui, dan jen dai. Berbeda dengan di Indonesia, isiannya camilan bulat ini adalah pasta gula merah. Isinya pun bermacam-macam, ada cokelat hingga keju. Kudapan berbentuk bola pingpong ini bisa kita temukan di pasar tradisional maupun tukang gorengan di pinggir jalan. Bahkan, kini onde-onde frozen banyak dijual secara online.

Namun memang, membuat camilan ini cukup menantang. Untuk mendapatkan kulit yang gurih, kokoh, renyah dan tidak mudah hancur membutuhkan trik memasak yang baik. Salah satunya adalah dengan menambahkan tepung tapioka ke dalam adonannya.

Topik Terkait