img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya HidupManfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh dan mengatasi segala penyakit, sudah tak bisa diragukan lagi.

Jahe merah atau Zingiber officinale var. rubrum memiliki kulit kemerahan dengan bagian dalam berwarna merah muda hingga kuning, berbeda dengan jahe biasa. Ukuran jahe merah juga lebih kecil dari jahe biasa. Tak hanya itu, isi dan rasanya pun berbeda. Jahe jenis ini memiliki rasa yang lebih pahit dan pedas dibandingkan jahe biasanya

disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut beberapa sumber, rempah satu ini dapat membantu mengobati gejala batuk dan sakit tenggorokan, mengurangi kadar kolesterol, meringankan sakit kepala, dan mengatasi rematik.

Tumbuhan rempah ini memiliki beragam varian yang bisa dikonsumsi. Tak cuma jahe merah, ada banyak jenis jahe lainnya yang juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Khusus untuk jahe merah, tak perlu diragukan lagi, terbukti berkhasiat mulai dari mengatasi masalah pernafasan hingga meningkatkan imunitas tubuh

Jahe merah merupakan rempah yang mudah ditemui di Indonesia dan sudah ada sejak dulu. Tak heran, air rebusan jahe merah sudah dikonsumsi dari zaman nenek moyang hingga kini dengan ragam khasiatnya.

Dalam dunia herbal, jenis jahe khususnya jahe merah dikenal sangat berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh. Bahkan, jenis penyakit berbahaya sekalipun. Banyak sekali jenis penyakit yang dapat disembuhkan oleh ramuan jahe merah ini, apabila diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya untuk pengobatan penyakit asam urat. Jahe merah memiliki khasiat khusus untuk mengobati penyakit asam urat yang banyak menyerang masyarakat saat ini. Penggunakan serta pengolahan yang tepat pun, ternyata bisa menjadi cara aman dan tanpa efek samping pada asam urat.

Salah satu kandungan nutrisi yang paling banyak ditemukan dalam jahe merah yaitu minyak asiri. Karena memiliki kandungan berbagai macam nutrisi, maka jahe merah dikenal memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat dari jahe merah bagi kesehatan tubuh? Yuk simak artikel berikut ini.

Meringankan Asma

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Penderita asma seringkali mengalami serangan asma secara mendadak, seperti sesak nafas hingga nyeri pada dada. Dan hal ini, seringkali mengganggu mobilitas dan produktivitas penderita asma

Untuk itu, membawa portable nebulizer, obat semprot pereda asma wajib adanya. Kabar baik dari pengobatan herbal yaitu dari jahe merah dan madu, yang sudah terbukti ampuh meringankan asma. Bahkan bisa meminimalisir serangan asma yang tiba-tiba.

Kandungan air rebusan jahe merah dicampur madu satu sendok, dapat membantu mengatasi sesak nafas karena asma, dan bisa menghangatkan saluran pernafasan yang tersendat.

Mengatasi Jerawat

Pinterest
Foto : Pinterest

Jahe merah bukan hanya dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk kesehatan atau pengobatan alternatif saja. Jahe merah juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk kaum wanita.

Perawatan kulit diantaranya yaitu perawatan kulit wajah, seperti menghilangkan jerawat. Jerawat merupakan yang masalah serius untuk kulit wajah, karena jerawat akan membuat bekas dikulit wajah, dan juga seseorang yang mempunyai jerawat mempunyai krisis kepercayaan diri yang kurang baik.

Cara pakainya Cucilah jahe merah yang masih segar, lalu parutlah, parutan jahe merah jadikan masker wajah, diamkan selama 15 menit, nah ini untuk perawatan luar. Untuk perawatan dalam yaitu dengan cara meminum ramuan jahe merah, caranya potong tipis-tipis jahe merah yang sudah dibersihkan, masukan di satu gelas air mendidih jangan lupa tambahkan pemanis alami (madu).

Program Diet

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Manfaat jahe merah selain merawat kulit juga dapat untuk melangsingkan tubuh. Jika pendiet meminum air jahe merah dengan teratur, maka akan menolong membakar lemak dalam perut dan mengurangi nafsu makan.

Konsumsi air rebusan jahe merah dicampur dengan lemon, dijamin akan menurunkan berat badan kalian dengan cepat dan tanpa efek samping pastinya, karena bisa menghancurkan lemak yang tertimbun didalam tubuh dan dikeluarkan lewat urine dan keringat.

Mengatasi Batuk Kering

Freepik
Foto : Freepik

Jahe merah juga bisa dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi batuk kering pada anak maupun orang dewasa. Tidak perlu konsumsi obat batuk berkepanjangan karena tentu saja obat batuk efeknya tidak baik untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Cobalah ambil 4 siung jahe merah kemudian dipotong dan ditemukan rebus jahe tersebut dengan 14 air tunggu hingga mendidih kurang lebih 20 menit hingga menyusut menjadi satu atau dua gelas setelah itu masukkan ke dalam gelas dan jadilah wedang jahe diminum untuk mengobati batuk yang kering.

Mengobati Masuk Angin

www.freepik.com/prostooleh
Foto : www.freepik.com/prostooleh

Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia tak perlu khawatir karena jahe merah dapat membantu mengatasi gejala masuk angin dan membuatnya menjadi lebih lega.

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu memarkan 1 buah jahe merah rebus lalu tambahkan sedikit gula aren jika perlu setelah mendidih maka angkat masukkan wedang jahe ke dalam gelas dan dipercaya dapat mengatasi masuk angin dan bisa membuat tubuh menjadi cepat berkeringat.

Meningkatkan Gairah Seksual

Freepik/cookie_studio
Foto : Freepik/cookie_studio

termasuk satu di antara rempah yang ada di Indonesia dan terbukti memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Bukan cuma itu, keinginan untuk bercinta juga bisa dilecut dengan konsumsi air rebusan jahe merah, lho.

Jahe merah terbukti memiliki zat aktif yang bersifat meningkatkan energi. Hal ini sangat baik bagi pria dan wanita, terutama ketika dikaitkan dengan seksualitasnya di ranjang lantaran jahe merah ampuh tingkatkan gairah seks.

Karena jahe merah mengandung zat aktif bersifat meningkatkan energi juga tingkatkan hormon testosteron terutama di semen. Dengan hormon testosteron yang melejit, maka pria dapat dengan mudah terangsang oleh pasangannya. Sementara, hal yang sama juga terjadi pada kaum hawa yang turut meningkat staminannya.

Mengobati Asam Urat

Pinterest/Stylecraze
Foto : Pinterest/Stylecraze

Banyak sekali jenis penyakit yang dapat disembuhkan oleh ramuan jahe merah ini, apabila diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya untuk pengobatan penyakit asam urat. Jahe merah memiliki khasiat khusus untuk mengobati penyakit asam urat yang banyak menyerang masyarakat saat ini. Penggunakan serta pengolahan yang tepat pun, ternyata bisa menjadi cara aman dan tanpa efek samping pada asam urat.

Asam urat biasanya sangat menyiksa dan mengganggu si penderita, lantaran sering membuat tubuh kaku dan kram. Wedang jahe merah dipercaya bisa membuat asam urat berkurang dan aliran darah menjadi normal.

Mengobati Peradangan Otot

Berbagai kandungan dalam jahe dapat berperan sebagai anti inflamasi yang dapat membantu Anda melawan peradangan akut dan kronis. Komponen aktif dalam jahe seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase.

Sehingga dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan. Jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dibandingkan jahe lainnya, dimana oleoresin juga dapat bekerja sebagai anti inflamasi.

Menjaga Tekanan Darah

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Khasiat jahe merah sangat bagus untuk tekanan darah dan juga meredakan penyakit berbahaya lainnya. Mengkonsumsi jahe merah tidak hanya bagus untuk meningkatkan kesuburan namun jahe merah juga bagus menjaga penuaan dini kebotakan tekanan darah dan penyakit lain-lainnya.

Topik Terkait