X

IntipSeleb – Manfaat jambu air ada banyak ragamnya. Jambu air sendiri merupakan buah yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Buah yang memiliki ciri khas berwarna merah ini banyak ditemukan tumbuh di daerah-daerah di Indonesia. Buah yang tumbuh tanpa mengenal musim ini pun mudah sekali dijumpai.

Persebaran buah jambu air yang menjamur di Indonesia membuat buah jambu air ini memiliki beragam jenisnya. Ada jambu citra, jambu deli, jambu mawar, jambu cincalo, jambu bol, jambu semarang dan masih banyak lagi.
Buah yang kerap kali menjadi bagian dari rujak ini memiliki banyak manfaat loh. Manfaat jambu air sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan manfaat jambu air juga bisa dirasakan oleh Ibu hamil loh!

Ibu hamil biasanya memerlukan nutrisi yang cukup dan gaya hidup yang sehat agar tumbuh kembang sang buah hati dalam berjalan dengan semestinya. Mengonsumsi makanan yang bergizi adalah hal yang penting untuk tumbuh kembang janin.

Biasanya Ibu hamil akan sangat menjaga pola makannya dan menghindari beberapa buah untuk kesehatan janinnya. Namun mulai sekarang, ibu hamil tidak perlu menghindari jambu air, justru manfaat jambu air bagus untuk tumbuh kembang si kecil loh. Manfaat jambu air nyatanya bisa berguna banyak hal, terutama untuk kesehatan ibu dan sang calon buah hati.

Lalu, apa saja manfaat jambu air untuk ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Manfaat jambu air yang pertama adalah bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan buah hati di dalam perut. Jambu air mengandung beragam nutrisi dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, fosfor, thiamine, kalium hiamin, niacin, kalsium, mangan karbohidrat, protein dan air.

Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi. Zat besi yang terkandung dalam jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta mengoptimalkan tubuh kembang janin di dalam perut Ibu.

2. Meningkatkan Imunitas atau Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Imunitas yang bagus perlu Ibu hamil perhatikan, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti ini. Imunitas yang baik akan menghindari dari segala macam penyakit yang menyerang tubuh. Jambu air mengandung vitamin C dan mineral yang bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh. 

Vitamin C bertugas untuk melindungi tubuh dari infeksi dan segala mikroba yang menyerang tubuh. Selain itu, jambu air juga mengandung vitamin A yang efektif dalam meningkatkan kekebalan dalam tubuh.

3. Menyehatkan Kulit

Manfaat jambu air selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Ketika mengandung, biasanya kulit ibu hamil akan mengalami perubahan yang signifikan. Kendati demikian, para ibu hamil  pasti tetap ingin tampil cantik dengan kulit yang sehat.

Jambu air mengandung beragam vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin dalam jambu air dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel kulit akibat polusi, pola makan yang tidak sehat, serta stress yang kerap kali Ibu hamil rasakan.

Kandungan vitamin C pada jambu air mampu menutrisi kulit dan membantu memproduksi kolagen untuk meregenerasi sel-sel kulit yang mati. Hal ini dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat jambu air berikut ini adalah menjaga kesehatan pencernaan. Ibu hamil terkadang menghadapi masalah sembelit atau susah buang air besar, namun jika mengonsumsi jambu air dapat mencegah terjadinya sembelit.

Jambu air mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat-serat tersebut selain berguna untuk melancarkan pencernaan, namun juga dapat menghindari kembung akibat pola makan yang tidak baik.

5. Mencegah Kanker

Manfaat jambu air berikutnya ialah dapat mencegah risiko terjadinya kanker. Untuk menghindari penyakit paling mematikan di dunia itu, mulai sekarang boleh untuk mencoba mengonsumsi jambu air. Jambu air memiliki efek antioksidan yang berperan penting untuk daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel-sel organ tubuh. Mengonsumsi jambu air secara rutin selama hamil dapat menurunkan risiko terserang kanker.

6. Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas adalah ketika sel-sel di dalam tubuh rusak dan mengakibatkan hal negatif bagi tubuh. Manfaat jambu air lainnya adalah dapat mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan senyawa dalam jambu air berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

7. Mencegah Bayi Lahir Prematur dan Risiko Keguguran

Jambu air mengandung zat besi yang melimpah. Ibu hamil cenderung membutuhkan banyak zat besi untuk memperlancar aliran oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi juga berguna untuk mencegah risiko keguguran dan mencegah terjadinya bayi lahir prematur.

8. Mengendalikan Diabestes

Diabetes menjadi musuh utama orang dewasa. Penyakit ini kerap menyerang manusia usia dewasa. Ibu hamil pun rawan terkena risiko diabetes, ada diabetes khusus yang bisa menyerang Ibu hamil, yakni diabetes gestasional.

Namun tak perlu khawatir, senyawa organik jambosine dalam jambu air dapat mencegah Ibu hamil terkena diabetes.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Ibu yang sehat, maka bayinya pun akan sehat. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung yang merupakan organ utama dalam tubuh. Jambu air mengandung nutrisi dan juga serat yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Antioksidan dan kalium yang terkandung dalam buah berwarna merah ini mampu untuk mengendalikan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah untuk mencegah Ibu hamil terkena salah satu penyakit kardiovaskular ini, yakni penyakit jantung.

10. Meningkatkan Mood Saat Hamil

Tekanan dari berbagai hal kerap kali membuat Ibu hamil stress dan emosinya tidak stabil. Siapa sangka, ternyata manfaat jambu air lainnya adalah bisa menghilangkan rasa nyeri dan juga tidak nyaman yang Ibu hamil rasakan selama mengandung.

Rasa tidak nyaman itu biasanya berasal dari hormone progesterone yang dapat menyebabkan mual, mood swing dan juga nyeri. Namun, jambu air ternyata dapat menjadi solusi dalam menghadapi mood saat hamil yang berubah-ubah.

11. Mengendalikan Tekanan Darah

Ibu hamil adalah salah satu manusia yang rentan terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi pada Ibu hamil biasanya disebabkan oleh meningkatnya aliran darah sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini biasanya menyerang Ibu hamil dengan usia kandungan 20 minggu. Mengonsumsi jambu air, nyatanya dapat menghindari Ibu hamil mengalami hipertensi.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Jambu air memiliki beragam vitamin. Vitamin A dalam jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengonsumsi jambu air dapat mencegah terjadinya kerukaan mata serta memelihara agar mata tetap sehat dan menghindari penyakit mata lainnya.

Demikian daftar manfaat jambu air untuk Ibu hamil. Walaupun jambu air bermanfaat untuk Ibu hamil, namun pada dasarnya buah ini pun sangat bermanfaat walaupun dikonsumsi oleh orang biasa.

Walaupun manfaat jambu air sangat banyak untuk kesehatan tubuh, tapi tetap untuk menghindari mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Konsumsi jambu air dibarengi dengan makanan yang sehat dan juga seimbang. (bbi)

Berita Terkait :

Saksikan Juga