img_title
Foto : Freepik/stockking

IntipSeleb – Cara menghilangkan sakit gigi tentu menjadi hal yang paling dibutuhkan jika Anda merasakan nyeri yang mengganggu pada gigi. Tak heran, sakit gigi meski terdengar sepele, namun sebenarnya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan bukan tidak mungkin sampai mengurangi produktivitas.

Sakit gigi bisa datang kapanpun dan bisa dialami oleh siapapun. Tak seperti rasa sakit yang ada pada anggota tubuh lain, menghilangkan sakit gigi cukup rumit dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Langkah paling mudah dan aman sebagai cara menghilangkan sakit gigi memang dengan mendatangi dokter. Akan tetapi, terkadang ada saja kondisi di mana Anda tak bisa langsung mengunjungi dokter dan mendapatkan pengobatan profesional.

Jika berada dalam kondisi tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan secara mandiri  untuk mengatasi sementara rasa sakitnya. Lantas, apa saja caranya? Simak penjelasan berikut sampai akhir, yuk!

Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Berikut ini beberapa cara menghilangkan sakit gigi secara mandiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah.

1. Kumur Air Garam

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Cara menghilangkan sakit gigi yang paling populer dan banyak disarankan adalah dengan kumur menggunakan air garam. Cara yang satu ini juga menjadi salah satu yang paling ampuh pada kebanyakan penderita sakit gigi.

Melansir dari Healthline, garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel serta sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Berkumur air garam juga dapat meredakan inflamasi ataupun luka luar lainnya yang terdapat di area gigi.

Tertarik menggunakan cara ini? Anda cukup melarutkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Kompres Es

Freepik/racool_studio
Foto : Freepik/racool_studio

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan kompres dingin menggunakan es. Kompres dingin ini bermanfaat untuk meredakan rasa sakit yang Anda rasakan.

Ketika menggunakan kompres dingin dengan es, pembuluh darah di area yang terkena kompres tersebut akan menyempit. Hal ini akan berujung pada berkurangnya rasa sakit yang anda rasakan. Kompres dingin juga dapat membantu megurangi jika ada pembengkakan dan peradangan di sekitar gigi yang nyeri.

Cara melakukan kompres es pun mudah. Anda hanya perlu membungkus es dengan menggunakan handuk, kemudian tempelkan ke area yang terasa nyeri selama kurang lebih 20 menit.

3. Bawang Putih

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Bawang putih telah dikenal dan dimanfaatkan sejak lama sebagai salah satu obat alami. Terdapat kandungan antibakterial di dalam bawang putih yang dapat membunuh bakteri jahat yang menyebabkan plak pada gigi. Bawang putih juga bisa berfungsi sebagai pereda rasa sakit.

Cara menghilangkan sakit gigi dengan menggunakan bawang putih adalah dengan menghaluskannya hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut ke area gigi yang terasa sakit. Agar lebih efektif, Anda juga bisa menambahkan sedikit garam pada pasta bawang putih itu sebelum mengoleskannya pada gigi.

4. Ekstrak Vanila

Dalam ekstrak vanila, terdapat kandungan alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Ekstrak vanila juga memiliki kandungan antioksidan yang membuatnya ampuh sebagai penyembuh yang efektif.

Untuk menghilangkan nyeri pada gigi menggunakan ekstrak vanila, ambil sedikit ekstrak vanila dengan menggunakan jari ataupun cotton bud. Lalu oleskan secara langsung pada gigi yang terasa sakit.

Untuk hasil yang optimal, Anda harus memastikan agar menggunakan vanila sungguhan dan bukan ekstrak vanila buatan.

5. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan sebagai obat sakit gigi sejak lama. Cengkeh dapat diambil minyaknya dan ampuh digunakan untuk menghilangkan rasa sakit serta meredakan peradangan. Terdapat kandungan eugenol yang merupakan antiseptik natural pada tanaman yang satu ini.

Campurkan minyak cengkeh bersama minyak bunga matahari atau minyak jojoba, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya sedikit demi sedikit pada area yang terasa sakit. Lakukan hal ini beberapa kali sehari. Selain dengan cara dioleskan, Anda juga bisa meneteskan minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menjadikannya alat kumur.

6. Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan sakit gigi yang tak kalah ampuh adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji diketahui mengandung agen anti peradangan yang dapat membantu menyembuhkan luka. Ada pula zat antimikroba yang dapat merawat luka luar dari infeksi bakteri.

Daun jambu biji dapat digunakan untuk membantu menghilangkan sakit gigi dengan cara dikunyah atau direbus, kemudian air rebusannya digunakan untuk berkumur pada gigi yang sakit.

7. Lemon

Lemon memilliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dikenal baik untuk kesehtan gigi. Penggunaan lemon untuk menghilangkan sakit gigi juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengiris lemon dan menempatkannya di area yang terasa nyeri.

Biarkan lemon di gigi tersebut hingga airnya mengering. Jika sudah mengering dan merasa perlu ditambahkan, anda dapat menaruh irisan lemon baru di gigi yang sakit.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya selama ini dikenal manfaatnya untuk rambut dan kulit. Namun, ternyata tanaman ini juga bermanfaat untuk membantu mengurangi sakit pada gigi. Pada lidah buaya terkandung zat antibakteri alami yang dapat membasmi bakteri jahat yang merusak kesehatan gigi. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya secara langsung pada gigi yang bermasalah hingga rasa sakitnya terasa berkurang.

9. Kunyit

Kunyit sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu herbal yang mempunyai kemampuan menyembuhkan. Terdapat kandungan anti inflamasi dan antibakteri pada kunyit. Agar mendapatkan manfaat kunyit untuk menghilangkan sakit gigi, Anda cukup menghaluskan kunyit hingga berbentuk pasta halus atau bubuk.

Kemudian tambahkan sedikit air, dan oleskan kunyit tersebut di bagian gigi yang terasa sakit. Anda juga dapat mencampurkan kunyit dengan madu sebagai pengganti air.

10. Bawang Merah

Bukan hanya bawang putih, bawang merah juga ternyata memiliki manfaat yang ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Melansir dari MedicineNet, untuk mengobati sakit gigi menggunakan bawang merah Anda cukup mengirisnya. Kemudian tempatkan irisan bawang tersebut pada gigi yang sakit, lalu kunyah perlahan. Kandungan antimikroba yang terdapat pada bawang merah akan bekerja dengan segera dalam meringankan sakit gigi yang Anda rasakan.

11. Kantong Teh Peppermint

Terdapat kandungan senyawa mentol dalam peppermint yang memberi manfaat sebagai antibakteri dan antioksidan. Anda juga akan merasakan efek dingin yang diberikan dari kandungan mentol tersebut.

Apabila Anda ingin mencoba menggunakan kantong teh peppermint untuk menghilangkan sakit gigi, Anda tinggal menempelkan kantong teh peperminta yang telah dipakai tersebut di bagian yang terasa sakit. Namun, pastikan jika suhu dari kantong teh tersebut jangan terlalu panas agar gigi Anda tidak terasa ngilu.

12. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki antibiotik alami yang dapat meredakan rasa sakit pada gigi. Agar rasa sakit pada gigi menjadi lebih ringan, Anda bisa menggeprek jahe terlebih dahulu, lalu tempelkan jahe tersebut di gigi yang sakit. Lakukan cara ini beberapa kali hingga Anda merasa sakit berkurang dan tidak mengganggu lagi. Kegunaan jahe tidak hanya untuk mengobati sakit gigi saja, namun juga bisa digunakan saat merasakan perut mulai tidak nyaman.

Berita Terkait
Topik Terkait