img_title
Foto : Facebook

IntipSeleb – Kabar kurang mengenakan datang dari Komedian Tubagus Dedi Suwendi Gumelar atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Miing Bagito. Dirinya diketahui baru saja menjalani operasi jantung bypass.

Sang Istri memberikan keterangan kepada awak media terkait proses operasi sang suami ditemani oleh tim dokter yang bertugas. Lantas bagaimana awalnya hingga Miing Bagito harus diberikan tindakan berupa operasi jantung bypass? Simak selengkapnya hanya di artikel berikut ini.

Tidak Ada Riwayat Penyakit Jantung

IntipSeleb/Nuranti
Foto : IntipSeleb/Nuranti

Komedian Miing Bagito saat ini masih dalam proses pemulihan setelah menjalani operasi jantung bypass. Sang istri dan anak-anaknya setia menemani proses demi proses yang dijalanin oleh komedian lawas tersebut.

Tentu saja kabar sakitnya Miing membuat publik kaget, terutama bagi keluarganya. Bagaimana tidak, komedian tahun 80-an tersebut diketahui tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Sang istri, Diah Mulyasari membeberkan sang suami memiliki penyakit diabet, sehingga sangat mengagetkan ketika perlu dilakukan tindakan operasi untuk jantungnya.

"Kalau jantung gak ada (riwayat penyakitnya), tapi ada diabetes, yang sekarang ini memang masalahnya didiabetnya sering naik turun. Ketahuan jantung ini dalam satu minggu lebih, jadi cukup berat, cukup mengagetkan, bikin syok," ungkap Diah saat ditemui di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Kawasan Jakarta Utara, Senin, 23 Mei 2022.

Sang istri juga membeberkan jika Miing awalnya mengeluh sering nyeri dada pada sahabatnya. Diketahui beberapa Minggu terakhir gula darahnya memang kerap tinggi. Hingga akhirnya didaftarkan oleh sahabatnya, kemudian diperiksa dan terdeteksi ada yang tidak beres dengan jantung komedian tersebut.

"Waktu itu kita emang ketemu dengan sahabatnya kang Miing, cerita gitu pak gula saya tinggi terus, dibilang saya kalau sujud dadanya suka sakit. Langsung beliau bilang 'Udah kang kita periksa aja ke dokter jantung'," kata Diah menirukan pembicaraan Kang Miing deng Pak Dwi, sahabat sang suami.

Bypass Langkah Terbaik

IntipSeleb/Nuranti
Foto : IntipSeleb/Nuranti

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, barulah benar-benar terdeteksi apa sebenarnya yang tidak beres dengan jantung Kang Miing. Ternyata pembuluh darah koroner pada komedian tersumbat sehingga perlu dilakukan tindakan.

Dokter yang merawat Miing Bagito membeberkan operasi bernama bypass menjadi jalan terbaik. Keadaan pasien memang dianggap paling efisien dengan jenis operasi tersebut. Diketahui, melansir Alodokter, operasi bypass jantung merupakan operasi dalam bentuk tindakan mengatasi penyumbatan penyempitan pembuluh darah arteri koroner pada pasien penyakit jantung koroner. 

"Yang tersumbat ini pembuluh darah koroner. Secara umur manusia ini disetel oleh 3 pembuluh darah koroner. Nah 3 pembuluh ini dari 2 muara yang ke kanan, yang ke kiri sebelum bercabang dua ada yang di sebut dengan left main, cabang utama. Left main ini pendek kemudia bercabang dua. Kang Miing ini kena, tersumbatnya di left main tadi," jelas dr. Utojo Lubiantoro, SpJP(K), FIHA selaku yang merawat Miing Bagito.

"Khasnya pasien diabet tersumbatnya panjang, bukan cuma dipercabangan itu tapi terus sampai bawah jadi sampai ujung pembuluh darah, jadi sangat ideal diadakan tindakan dengan operasi bypass," lanjut Arianto Bono Adji Hardjosworo, SpBTKV, MARS, selaku dokter bedah jantung Miing Bagito. (bbi)

Berita Terkait
Topik Terkait