img_title
Foto : Instagram/@chingyu_baking

IntipSelebKue putri salju menjadi salah satu jenis kue kering paling favorit di masyarakat Indonesia. Biasanya, kue putri salju sering kali disajikan saat momen hari Raya Idul Fitri, Natal hingga Imlek. Bersama jajaran kue kering lainnya, kue putri salju menjadi salah satu andalannya.

Pada dasarnya, kue salju sendiri merupakan sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit atau bulan yang kemudian ditaburi dengan gula halus yang tebal. Gula halus inilah yang kemudian tampak seperti salju, makanya banyak yang menyebutnya sebagai kue putri salju.

Rasanya yang manis dan ringan di mulut, membuat banyak orang yang menyukai kue yang satu ini. Jika kue putri salju adalah salah satu jenis kue kering favorit anda, maka anda perlu tahu nih, bagaimana resep atau cara membuat kue putri salju. Penasaran? Yuk simak beberapa resep kue putri salju berikut ini yang dikutip dari YouTube.

Kumpulan resep kue putri salju tanpa oven dan mixer

Instagram/@dapurmamaatha
Foto : Instagram/@dapurmamaatha

1. Resep Kue putri salju

Bahan
- 200 gr tepung terigu
- 125 gr mentega
- 2 sdm gula halus
- 1 butir kuning telur
- 25 gr keju parut
- gula halus untuk dijadikan taburan

Cara membuat kue putri salju

1. Langkah pertama dari resep kue kering putri salju adalah tambahkan mentega dan 2 sdm gula halus lalu campurkan keduanya hingga rata.
2. Selanjutnya adalah tambahkan kuning telur lalu aduk rata. Setelah tercampur rata, tambahkan parutan keju lalu aduk kembali hingga adonan rata.
3. Langkah selanjutnya, tambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
4. Untuk membuat adonan tersebut kalis, uleni dengan tangan hingga adonan memiliki tekstur agar padat sehingga bisa dicetak.
5. Kemudian cetak adonan menggunakan cetakan berbentuk bulan atau apapun sesuai dengan selera anda. Susun adonan kue yang telah dibentuk ke atas teflon kemudian tutup. Panggang selama kurang lebih 10 menit dengan api kecil.
6. Lalu taruh kue yang sudah matang ke dalam gundukan gula halus kemudian pastikan seluruh permukaan kue tertutup dengan gula. Tips terpenting, campurkan kue ke dalam gundukan gula halus dalam keadaan panas atau hangat agar gula dapat menempel.
7. Kue siap disajikan!

2. Resep putri salju

Instagram/@chingyu_baking
Foto : Instagram/@chingyu_baking

Dikutip dari Channel YouTube Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bahan kue putri salju
- 1/2 bungkus mentega palmia royal (100gram)
- 3 sendok makan gula halus (40gram)
- 1 butir kuning telur
- 1 bungkus/saset susu bubuk Dancow @27gram
- 2 sendok makan tepung maizena (25gram)
- 9 sendok makan full tepung terigu protein sedang (130-140gram)
- 1000 gram gula mint halus
- 1 sdm susu bubuk
Cara membuat

1. Siapkan wadah untuk mencampur adonan. Tambahkan mentega, gula halus kemudian di aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan 1 butir kuning telur, dan juga susu bubuk.
2. Tambahkan pula tepung maizena diaduk, barulah ditambahkan tepung terigu dan aduk hingga rata. Setelah rata, uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan siap untuk dicetak.
3. Cetak adonan sesuai dengan keinginan anda (bisa berbentuk bulan sabit maupun bulat-bulat). Lakukan hingga adonan habis.

4. Setelah itu siapkan teflon kemudian susun adonan yang telah dibentuk ke atas teflon. Masak dengan api paling kecil selama kurang lebih 60 menit atau hingga matang.
5. Setelah matang, taruh kue ke dalam tumpukan gula halus yang telah dicampur dengan susu bubuk. Pastikan semua bagian kue kering tertutup gula, kemudian susun ke dalam toples atau wadah. Perlu anda perhatikan agar proses pemberian gula ini dilakukan saat kue masih keadaan panas agar gula bisa menempel ke permukaan kue.
6. Kue putri salju siap disajikan!

3. Resep kue putri salju

Dikutip dari Channel YouTube Puguh Kristanto Kitchen

Bahan-bahan

- 13 sdm Mentega
- 1 butir kuning telur
- 4 sdm gula halus
- 13 sdm tepung terigu
- 1 sdm susu bubuk
- 3 sdm tepung maizena
- 1/4 batang keju parut cheddar
- gula halus untuk taburan

Cara membuat kue putri salju

1. Langkah pertama adalah siapkan wadah, lalu tambahkan mentega, kuning telur, gula halus, lalu diaduk-aduk hingga semuanya tercampur rata.
2. Setelah itu tambahkan keju parut dan aduk kembali hingga rata. Setelah itu tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk. Aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata.
3. Uleni sedikit kemudian setiap siap. Setelah itu bentuk adonan kue putri salju sesuai dengan keinginan anda. Lakukan hingga adonan habis.
4. Setelah itu siapkan telfon dan susun adonan kue putri salju yang telah dibentuk ke atas teflon. Masak dengan api paling kecil dan jangan lupa ditutup. Masak selama 10 menit, setelah itu jangan lupa dibalik dan masak kembali selama 10 menit.
5. Setelah matang, saat kue masih dalam keadaan panas, taruh ke dalam gundukan gula halus dan pastikan semua bagian kue tertutupi kue halus. Setelah itu tinggal disusun ke dalam wadah atau toples. Setelah itu anda juga bisa kembali menaburkannya dengan gula halus lagi.
6. Kue putri salju siap untuk disajikan

4. Resep kue putri salju

Dikutip dari Channel YouTube Dina Rosalina

Bahan-bahan
- 12 sdm tepung terigu
- 1 sdm gula halus
- 1 butir kuning telur
- 100 gram margarin

Cara membuatnya

1. Langkah pertama adalah siapkan wadah, kemudian tambahkan margarin, kuning telur, 1 sdm gula halus. Setelah itu aduk-aduk hingga semua adonan tercampur rata. Setelah itu barulah tambahkan tepung terigu, aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata. Setelah itu uleni sedikit dengan tangan agar tekstur adonan berubah menjadi lebih padat dan siap untuk dicetak.
2. Setelah itu cetak sesuai dengan keinginan anda. Lakukan hingga adonan habis.
3. Setelah semua siap, susun satu persatu kue putri salju yang telah dicetak ke atas teflon. Kemudian masak dengan api kecil dan jangan lupa tutup. Masak hingga matang.

4. Kemudian, siapkan wadah yang telah diberi gula halus yang banyak. Celupkan kue putri salju yang telah matang dan bersuhu hangat ke dalam gula. Pastikan seluruh permukaan kue putri salju terbaluri dengan gula halus setelah itu susun ke dalam wadah atau toples. Anda juga bisa menaburkan kembalu gula halus ke atas kue putri salju agar semakin manis dan enak.
5. Kue putri salju siap disajikan.

Demikian adalah sederet resep kue putri salju untuk anda. Makanan yang dibuat sendiri memang memiliki nilainya tersendiri, jadi tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri anda untuk membuat kue putri salju ketika akan menghadapi hari-hari tertentu. Semoga resep kue putri saljut di atas dapat bermanfaat bagi anda.

Topik Terkait